Dalam pencarian pengobatan alternatif, banyak pasien mulai mempertimbangkan metode seperti “healing” di alam, seperti misalnya berpetualang di hutan ataupun menikmati pemandangan di tepi sungai untuk merasakan manfaat terapi alami. Di sinilah medical wellness menjadi pilihan yang menarik.

Medical wellness mengusung konsep pencegahan dan pengobatan penyakit menggabungkan pengobatan modern dan prinsip kesejahteraan hidup secara menyeluruh. Konsep wellness lahir dari gagasan dr. Halbert L. Dunn tentang “high-level wellness” yang di publikasikan dalam jurnal “High-level Wellness for Man and Society” pada tahun 1950.

Di Indonesia, tren medical wellness semakin mendapatkan tempat penting dalam praktik kesehatan. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sudah mulai menggaungkan konsep ini dari tahun 2012 yang dikombinasikan dengan health tourism. Klinik dan rumah sakit sudah mulai menawarkan program medical wellness.

Mengenal Medical Wellness

pengertian medical wellness

Wellness dan kesehatan adalah dua konsep yang sering dianggap sama, namun sebenarnya memiliki makna yang berbeda. Menurut WHO, kesehatan secara umum merujuk pada kondisi fisik tubuh yang bebas dari penyakit atau gangguan. Ini mencakup aspek-aspek seperti kesehatan jantung, tekanan darah normal, fungsi organ yang optimal, serta kekebalan tubuh yang kuat.

Kesehatan adalah fondasi dari wellness yang melibatkan kesadaran secara penuh akan gaya hidup sehat, nutrisi yang baik, hubungan sosial yang positif antar sesama manusia, pengendalian manajemen stres dan berolahraga secara teratur. Wellness lebih bersifat holistik dan mencakup keseimbangan antara tubuh, pikiran, dan jiwa.

Medical wellness adalah perpaduan menyeluruh dari kesejahteraan fisik, mental, dan spiritual, yang dibantu pengobatan medis juga terapi holistik alternatif. Lebih dari sekedar menjaga kesehatan, wellness sebagai sebuah proses berkelanjutan untuk mencapai tujuan dalam kehidupan.

Jenis terapi medical wellness

Medical wellness menghadirkan berbagai pilihan terapi alternatif secara komprehensif yang tentunya disesuaikan dengan kebutuhan pasien berdasarkan diagnosa dokter, terapi ini tidak hanya berperan sebagai pengobatan tapi bisa juga sebagai tindakan preventif. Berikut jenis-jenis terapi medical wellness:

1. Geothermal therapy

terapi geothermal

Terapi geotermal adalah treatment menggunakan batu yang dipanaskan atau didinginkan, manfaatnya memberikan terapi penyembuhan dan relaksasi, juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan merawat kesehatan kulit maupun peredaran darah. Beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa geothermal therapy bisa meredakan nyeri sendi.

2. Forrest therapy

terapi hutan

Forrest therapy atau pengobatan terapi berbasis alam bertujuan untuk menenangkan kondisi fisik dan mental. Meluangkan waktu dan melihat suasana alam hutan akan membantu menurunkan tekanan darah dan membuat suasana hati membaik menurut Departemen Konservasi Lingkungan negara bagian New York.

3. Oceano therapy

ocean therapy

Ocean therapy merupakan pendekatan terapi dengan lingkungan pantai atau laut untuk kesejahteraan pikiran agar lebih tenang, Terapi ini melibatkan stimulasi sensorik, rehabilitasi fisik dan pemulihan emosional yang dapat membangun rasa percaya diri. Penelitian menunjukkan bahwa ocean therapy baik untuk kesehatan mental.

Manfaat medical wellness untuk kesehatan jantung

manfaat medical wellness jantung

Program medical wellness menghadirkan pendekatan komprehensif untuk merawat kesehatan jantung berfokus pada promotif dan preventif, berikut manfaat medical wellness untuk jantung:

1. Deteksi dini penyakit jantung

Pemeriksaan kesehatan secara rutin, seperti electrocardiography (ECG) agar mendeteksi kelainan masalah jantung, sehingga komplikasi lebih lanjut dapat dicegah dan meningkatkan harapan hidup.

ECG adalah tes non-invasif yang merekam aktivitas listrik jantung dan membantu mengidentifikasi masalah seperti aritmia, iskemia, atau tanda-tanda penyakit jantung koroner.

Pengelolaan risiko sejak awal memberikan kesempatan untuk memperbaiki kondisi jantung, baik melalui pengobatan atau terapi wellness.

2. Pemahaman tentang jantung yang lebih baik

Kegiatan medical wellness mencakup edukasi mengenai kesehatan jantung seperti mengelola risiko melalui pola makan yang seimbang, manajemen stress dengan healing ke alam dan program olahraga. Dengan perubahan gaya hidup yang tepat, risiko penyakit jantung dapat ditekan secara signifikan.

3. Peningkatan kesehatan fisik dan mental

Kesehatan jantung yang baik memerlukan keseimbangan antara fisik dan mental. Medical wellness menawarkan program kebugaran yang disesuaikan dengan kebutuhan individu, seperti terapi geothermal dan forest therapy. Selain itu, pendekatan holistik seperti terapi relaksasi membantu mengurangi stres, yang merupakan salah satu pemicu utama gangguan jantung.

4. Mempercepat recovery pasca tindakan operasi

Tubuh membutuhkan waktu dan perawatan yang tepat agar bisa pulih sepenuhnya, dalam program medical wellness, terdapat pendampingan medis yang berkelanjutan. Program ini juga memperhatikan aspek mental dan emosional, mencakup terapi relaksasi atau pendampingan psikologis.

5. Meningkatkan kualitas hidup

Dengan tujuan pencegahan dan perawatan jangka panjang, medical wellness membantu individu agar menjalani hidup dengan lebih sehat dan bugar. Pola makan yang teratur, olahraga yang sesuai, serta manajemen emosi yang baik akan meningkatkan energi dan vitalitas.

Jantung yang sehat berdampak pada seluruh tubuh, termasuk memperbaiki kualitas tidur, kinerja sehari-hari, dan kesejahteraan emosional, yang pada akhirnya menaikkan kualitas hidup.

Baca juga: Grand Opening Klinik Jantung Hasna Medika Serang

Dengan deteksi dini, pengelolaan risiko, rehabilitasi yang terarah, serta panduan gaya hidup sehat, program ini memberikan fondasi yang kuat untuk merawat dan menjaga jantung tetap kuat sepanjang waktu.